Thursday, August 2, 2007

Penyakit Kawasaki

Setahun yang lalu keponakan istri saya menderita penyakit yang akhirnya dideteksi sebagai penyakit kawasaki. Walau namanya cukup keren seperti merek salah satu perusahaan motor dari Jepang tapi tidak halnya dengan reputasi penyakit ini yang bisa mematikan apabila tidak ditangani dengan cepat.

Keponakan saya yang berasal dari Pare-pare (Sulawesi Selatan) tersebut akhirnya diterbangkan ke Jakarta dan dirawat di RS. Siloam Karawaci - Tangerang di bawah penanganan Dr. Najib - dokter di Indonesia yang mungkin satu-satunya punya kapabilitas untuk menangani penyakit ini. Akhirnya setelah sekitar 2 minggu perawatan, anak tersebut membaik dan kembali dapat beraktifitas secara normal walaupun masih perlu kontrol.

Apakah Penyakit Kawasaki ?
Penyakit Kawasaki adaah sejenis penyakit cardiovascular yang kebanyakan ditemukan pada anak kecil dan pertama kali ditemukan oleh Dr. Tomisaku Kawasaki.

Penyakit ini menjadi fatal karena dapat menyebabkan komplikasi serangan jantung (cardiac) bahkan pada anak-anak.


Penyebab Penyakit

Penyebab PK hingga saat ini belum diketahui. Meski diduga kuat akibat suatu infeksi, belum ada bukti yang meyakinkan. Karena itu, cara pencegahannya juga belum diketahui. Penyakit ini juga tidak terbukti menular.

Gejala

Beberapa gejala yang mengindikasikan penyakit kawasaki ini adalah :
* Demam tinggi (lebih dari 39 °C atau 102 °F; lebih sering di 40 °C atau 104 °F) yang dapat berlangsung lebih dari seminggu apabila dibiarkan saja tanpa ditangani secara tepat.
* Mata merah
* Bibir merah dan pecah-pecah
* Adanya selaput/membran merah di mulut
* Lidah berwarna merah stroberi, lapisan putih pada lidah dan pembengkakan berwarna merah pada bagian pangkal lidah
* Tangan dan kaki yang bengkak
* Mudah iritasi
* Denyut jantung yang cepat
* Pengelupasan telapak tangan (tahap selanjutnya dari penyakit ini); Pengelupasan juga bisa dimulai dari kuku

Apa yang harus dilakukan ?

Apabila terdapat gejala-gejala tersebut di atas, segera konsultasikan ke dokter ahli jantung anak dan dirawat inap di rumah sakit karena komplikasi yang paling ditakutkan adalah pada jantung (terjadi pada 20-40 persen penderita) karena dapat merusak pembuluh nadi koroner. Komplikasi ke jantung biasanya mulai terjadi setelah hari ke-7-8 sejak awal timbulnya demam.

Referensi Internet untuk Penyakit Kawasaki
- Artikel Kompas 1
- Artikel Kompas 2
- sehatgroup.web.id
- Wikipedia (English)
- iVillage.com
- aafp.org

Forum link : http://www.forum-mamapapa.com


No comments: